MENU BAR

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Berlari

Memakai sepatu lari, pakaian yang nyaman, dan berlari di lokasi yang aman merupakan informasi dasar yang wajib diketahui para pelari. Sebaliknya, ini dia 7 hal yang tidak boleh dilakukan ketika lari

Memakai Topi  
Ketika berlari dalam cuaca panas atau hangat, sebaiknya jangan mengenakan topi. Dalam kondisi seperti ini, 70 persen panas tubuh akan hilang melalui bagian atas kepala. Artinya, kepala berfungsi sebagai ventilasi terbaik dalam mengeluarkan panas tubuh. Jadi, usahakan kepala tetap dingin. Untuk mengatasi panas, air yang dituangkan ke kepala juga bisa sangat membantu. 

Makan Besar
Makan makanan berat yang tinggi protein atau lemak dapat menempatkan tekanan ekstra pada sistem pencernaan saat berlari. Cobalah makan makanan ringan yang mudah dicerna setiap satu atau dua jam. 

Berlari dalam Gelap
Saat gelap, sulit mengetahui apa yang ada di depan kita. Apakah itu batu, akar pohon, ranting, binatang, sampah, dan lainnya. Jadi, demi menghindari risiko celaka, akan lebih baik berlari dalam kondisi terang. 

Jika memang terpaksa, misalnya malam hari di pinggir jalan, gunakanlah pakaian reflektif ketikalari. Ini memungkinkan kendaraan yang melaju melihat keberadaan kita. Jangan lupa membawa telepon genggam atau peluit sebagai antisipasi kita terluka dan butuh bantuan. Atau, ajaklah teman untuk menemani kita. 

Mengkonsumsi Obat  
Jangan mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit untuk menutupi rasa sakit dari cidera hanya demi bisa terus berlari keesokkan harinya. Untuk tetap mempertahankan kebugaran tubuh,kita dapat melakukan olahraga lain yang lebih ringan, seperti berenang, atau bersepeda (stasioner). Sisanya, gunakan waktu yang ada untuk beristirahat.

Berlatih Terlalu Keras
Setiap kali lari, jangan langsung mematok target yang terlalu tinggi dari batas kemampuan. Olahraga yang maksimal itu bukan dilihat dari seberapa kencang atau lamanya berlari, tapi sejauhmana kita melakukannya secara bertahap dan kontinu. 

"Mendarat" di Jari-jari Kaki
Saat berlari, kaki-kaki kita harus mendarat di bagian tumit, bukan jari-jari kaki untuk menghindari shin splint dan cidera lain. 

Sepatu Lari Sama
Ternyata, mengenakan sepatu lari yang sama setiap kali berlatih, itu bisa membuat kaki iritasi. Jadi untuk mengantisipasinya, minimal milikilah dua sepatu lari dengan model yang berbeda dan gunakan itu secara bergantian setiap kali berlatih. 

source: kawankumagz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar