MENU BAR

Persiapan Ujian Dari A-Z

Supaya makin mantap menghadapi ujian, coba cek satu per satu, yuk, persiapan kita mulai dari huruf A sampai Z. He-he-he.

A: Akronim dan singkatan
Semua materi yang berhubungan dengan hafalan bisa kita pelajari dengan metode ini. Caranya, kita tinggal membuat akronim atau singkatan pada poin-poin pernyataan yang pengin dihafalkan. Dijamin bakal lebih mudah mengingat, deh!

B: Bahan ujian
Biasanya, bahan-bahan ujian udah dipersiapkan dan diberitahukan terlebih dulu oleh para guru. Dan, itu berarti adalah bahan-bahan yang memang penting dan berguna buat kita. Jadi, enggak perlu menghabiskan banyak waktu di materi-materi lain. Lebih baik fokus sama bahan-bahan yang udah diberikan.

C: Catatan
Kita juga harus melengkapi catatan-catatan pelajaran kita di sekolah. Jadi, enggak ada salahnya mulai dari sekarang kita mulai mencari pinjeman catatan yang belum lengkap ke teman-teman. Kita juga harus lebih rajin lagi di kelas buat mencatat penjelasan dari guru yang mungkin enggak ada di buku-buku paket pelajaran.

D: Doa
Ini salah satu poin yang penting banget yang bakal turut menyukseskan ujian kita nanti. Dengan berdoa, kita pasti bakal dapat ketenangan jadinya enggak bakal nervous pas hari H ujian. Soooo...jangan lupa berdoa, ya! Tapi jangan pas mau ujian aja, setiap hari juga kita harus berdoa. He-he-he.

E: E-learning
Di era teknologi dan informasi, seru juga kalau kita nyoba gaya belajar lewat e-learning. Kita bisa dapat banyak bahan, materi, juga latihan soal dari e-learning.

F: Friends
Belajar bareng teman-teman pastinya lebih seru. Kita bisa bertukar pikiran dan berdiskusi di situ. Lagian, bertanya ke teman pasti lebih seru, kan? Seperti ngobrol dan situasinya pun enggak terlalu kaku kayak kalau kita nanya ke guru.

G: Gadget
Jangan cuma buat update status di socmed, kita juga bisa manfaatin gadget buat persiapan ujian. Ehhh...tapi bukan buat nyontek, ya! He-he. Gadget benar-benar bisa mendukung kita dalam belajar misalnya membuat catatan, jadwal, reminder, mengecek email, browsing, sampai ngerjain soal-soal. Karena bentuknya mudah dibawa, belajar pun bisa di mana saja.

H: Homework
Pihak sekolah pastinya juga udah mempersiapkan kita buat menghadapi ujian. Salah satunya adalah memberi kita tugas-tugas. Nah, jangan keburu males, justru kita harus excited! Itung-itung kalau kita mengerjakan PR berarti kita udah menyicil juga buat belajar pas ujian nanti.

I: Istirahat
Belajar memang penting, tapi persiapan menghadapi ujian enggak cuma itu, girls. Kita harus bisa menyeimbangkan kondisi otak dan kondisi tubuh. Kalau memang udah capek setelah belajar terus seharian, enggak ada salahnya buat istirahat sejenak. Bahkan, sehari penuh melepas stres belajar juga enggak apa-apa, kok. Kita kosongkan waktu sehari dari urusan sekolah, PR, latihan soal, dan sebagainya buat refreshing ke tempat-tempat favorit. He-he-he.

J: Jadwal
Ini juga persiapan yang penting banget yaitu organisasi waktu. Belajar buat ujian yang berat seperti Ujian Nasional tentu enggak butuh waktu sehari atau dua hari. Tapi, kita harus bisa belajar dari jauh-jauh hari. Makanya, mulai pandai-pandai mengatur jadwal harian, yuk! Sehingga, persiapan kita lebih matang nanti.

K: Kata Kunci
Nah, selain bikin akronim atau singkatan, kata kunci juga bisa memudahkan kita dalam menangkap materi-materi pelajaran hafalan. Misalnya, kita harus menghafal sejarah kerajaan Hindu- Buddha di Indonesia. Kita bisa mengambil kata kunci dari tiap kerajaan. Sosok, tokoh, kejadian, atau tragedi apa yang paling terkenal dari tiap kerajaan bisa jadi keyword buat mengingat.

L: Latihan soal
Practice makes perfect! Semakin banyak berlatih, semakin mahir juga kita dalam mengerjakan soal-soal. Metode ini cocok banget buat kita yang lagi menghadapi UN. Kita bisa belajar dari berbagai buku bank soal di mana kebanyakan dari soal-soal itu pasti punya pola yang sama. Misalnya, pelajaran Bahasa Inggris yang punya pola listening, reading, dan vocabulary. Pastinya kalau sering latihan, kita akan terbiasa dengan soal-soal yang akan diberikan nanti.

M: Makan dan minum
Sama seperti istirahat, badan pun butuh makan dan minum. Ada aja, lho, yang sampai lupa makan dan minum gara-gara terlalu serius belajar. Nah, jangan sampai begitu ya, girls. Biar bagaimana pun, tubuh perlu asupan gizi di mana hal itu bakal ngaruh sama kinerja otak kita.

N: Nongkrong sendiri
Belajar sendiri enggak kalah seru sama belajar bareng teman-teman. Coba, deh, luangkan satu hari buat me time di kafe atau resto dekat rumah. Bawa laptop dan beberapa buku buat menemani kita di sana. Lumayannn...bisa dapat suasana baru selain di rumah dan sekolah.

O: Olahraga
Olahraga juga penting buat menjaga kesehatan kita sebelum ujian nanti. Belajar terus bikin kita jarang beraktivitas fisik. Seenggaknya, rutin melakukan lari sore tiap hari atau yoga seminggu sekali bisa membuat kita lebih fit!

P: Perpustakaan
Salah satu tempat nongkrong yang sangat kondusif buat belajar. He-he-he. Perpustakaan enggak cuma menyediakan buku-buku aja, tapi juga menyediakan suasana yang pas buat kita yang susah fokus belajar dan gampang terganggu sama TV, hape, teman, dan lain-lain.

Q: Questions
Bikin daftar pertanyaan soal materi-materi yang belum kita kuasai. Kita bisa nanya dan diskusi ke teman-teman. Atau, langsung nanya ke guru buat materi-materi yang susah banget dimengerti.

R: Ringkasan
Bahan-bahan yang diujikan mungkin terlihat susah banget, tapi sebenarnya bisa diringkas dengan bahasa sendiri, lho. Kalau pakai kata-kata sendiri, tentu bakal mudah dicerna dan dimengerti. Caranya, kita bikin ringkasan dari tiap materi. Ringkasan itu nantinya bisa kita baca-baca lagi pas menjelang ujian.

S: Stabilo
Benda kecil satu ini sangat berguna, lho, apalagi buat nemenin kita belajar. He-he. Kita butuh pena pewarna ini biar bisa menandai kata kunci yang penting dari tiap bahan. Dan, begitu harus buka buku lagi buat nyari kata kunci itu, pasti akan lebih mudah karena udah ditandai.

T: Tidur
Kalau belum begadang, berarti belum total belajar? Kata siapa? Justru kita perlu istirahat yang cukup kalau lagi masa-masa ujian. Tidur yang cukup sangat penting buat menjernihkan pikiran kita. Tidur yang baik adalah 6 sampai 8 jam sehari.

U:  Ujian kakak kelas
Saat yang tepat buat mulai minta soal ujian atau latihan soal tahun lalu dari kakak kelas, nih. Kita pasti bakal dapat gambaran lebih jelas tentang soal-soal yang diujikan.

V: Visual
Tipe belajar tiap orang berbeda-beda, ada yang audio seperti mendengarkan guru atau teman menjelaskan materi. Ada juga yang visual. Nah, buat kita yang punya tipe belajar secara visual, coba bikin mind mapping, yuk! Bakal memudahkan pencernaan materi banget, nih. Hi-hi.

W: Website
Enggak cuma dari e-learning doang, kita juga bisa dapat banyak pengetahuan dari internet. Kita bisa browsing berbagai materi dari berbagai website. Siapa tahu mendapat informasi lebih dari situ.

X: Xerox
Kenal dengan mesin satu ini? Yap, mesin fotokopi! Salah satu teknologi yang berguna banget buat pelajar kayak kita. He-he. Saatnya buat melengkapi catatan atau halaman-halaman buku yang hilang dengan mesin ini. Mulai dari sekarang, yuk, biar persiapan makin mantap!

Y: Youtube
Belajar secara visual juga bisa dilakukan dengan nonton video-video yang berhubungan dengan pelajaran-pelajaran yang akan diujikan.

Z: Zip in your mind!
Yang paling penting dari semua itu, kita harus bisa mempersiapkan otak dan hati buat menghadapi ujian. Supaya semua yang udah dipelajari bisa tersimpan di otak sebaik-baiknya. Pokoknya, kalau kita belajar tekun yang diimbangi dengan istirahat cukup, semua materi yang udah dipelajari pasti bisa dicerna, deh!

source: kawankumagz.com

2 komentar:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus
  2. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus