MENU BAR

Rahasia Belajar Lebih Efektif

Duh, sering susah hafal atau menyerap materi kalau lagi belajar nih! Kalau gitu, boleh banget coba beberapa tips ini biar belajar kita lebih efektif.

Fokus pada satu hal
Bergonta-ganti mengerjakan sesuatu jelas bakal bikin kita enggak fokus. Apalagi kalau salah satu kegiatan yang kita lakukan adalah belajar yang memang butuh konsentrasi tinggi. Fokus jadi hal penting dalam membentuk sebuah memori. Jadi agar informasi yang kita serap bisa berubah dari ingatan jangka pendek ke ingatan jangka panjang, kita mesti mencurahkan perhatian atau konsentrasi penuh pada informasi ini.

Gunakan beberapa cara
Coba kenali gaya belajar yang paling cocok untuk kita. Apakah dengan cara mendengarkan (auditif) atau melihat (visual). Kalau auditif, coba belajar dengan cara membacanya dengan keras, direkam atau tanya jawab dengan teman. Sedangkan tipe visual, coba beri warna atau garis pada materi yang sedang kita pelajari. Bisa juga dengan merangkum materi tersebut ke dalam catatan baru berbentuk bagan, diagram atau catatan yang dihias dan diberi warna-warna yang menarik.

Terkadang ada juga yang cocok dengan kedua gaya tersebut. Sebenarnya, semakin banyak cara yang kita gunakan buat menyerap informasi, semakin besar kemungkinana otak kita mempertahankan memori tentang informasi tersebut. Soalnya cara yang berbeda akan mengaktifkan berbagai bagian otak yang berbeda pula. Dengan adanya beberapa bagian otak yang bekerja maka kemampuan kita untuk menyerap dan mempertahankan informasi itu dalam otak akan lebih baik juga.

Selingi dengan istirahat dan tawa
Hindari terus-terusan belajar selama beberapa jam sekaligus. Selingi dengan minum, makan camilan dan tertawa. Minum air putih bisa memberikan tambahan oksigen dan juga mencegah dehidrasi kecil yang kadang enggak kita sadari. Kalau tubuh kekurangan cairan, kemampuan otak buat merespon informasi yang masuk akan berkurang. Tertawa juga memberikan efek segar bagi otak sehingga bisa bekerja lebih baik dalam memecahkan masalah (misalnya soal) dan lebih kreatif.

Jangan juga memaksakan terus belajar saat kita sudah mengantuk, karena kemampuan otak buat menyerap informasi dan menyimpannya dalam memori pun akan sangat berkurang. Jadi mengorbankan tidur dan memaksa terus belajar itu enggak akan efektif. Otak yang mendapatkan istirahat atau tidur yang cukup justru bisa menyerap informasi lebih cepat. Jadi kalau sudah ngantuk, lebih baik tidur dulu baru nanti lanjut belajar lagi.

Tes diri sendiri
Setelah belajar, coba tes diri sendiri dengan soal-soal materi yang baru dipelajari. Soalnya hal ini lebih efektif untuk membantu kita mengingat materi yang sudah dipelajari dan menyimpannya sebagai memori jangka panjang, daripada cuma dengan menghafalnya berulang-ulang.

Jangan dipaksakan
Belajar itu bukan proses yang mesti berjalan sempurna. Terkadang saat menghafal atau mengerjakan soal latihan, kita lupa hal yang baru dipelajari. Daripada terus memaksa otak untuk mengingat jawabannya, lebih baik langsung lihat saja jawabannya. Soalnya semakin lama kita menghabiskan waktu buat mengingat jawaban atau materi yang kita lupa, semakin besar kemungkinan otak kita benar-benar melupakan materi itu untuk ke depannya. Dan ada kemungkinan otak kita malah jadi mengingat materi yang salah.

Ajarkan pada orang lain
Beberapa pakar pendidikan dan psikolog menemukan fakta kalau mengajarkan materi yang sudah kita pelajar pada orang lain bisa meningkatkan pemahaman dan daya ingat kita tentang memori tersebut. Jadi enggak ada salahnya kalau kita belajar dengan cara mengajarkan materi yang sudah kita kuasai pada teman.

Olahraga
Olahraga enggak cuma bikin fisik kita jadi sehat, tapi juga pikiran. Sebelum mulai belajar, olaharaga dulu minimal 15 menit. Bisa saat sedang belajar dengan berhenti sebentar untuk olahraga selama 15 menit. Khususnya kalau pikiran kita sudah merasa mumet. Soalnya memori dan kemampuan otak buat berpikir jernih akan membaik setelah kita melakukan olaharaga minimal selama 15 menit. Olahraga di sini cukup yang ringan seperti jalan cepat atau jogging

Tidak ada komentar:

Posting Komentar